Langsung ke konten utama

LAPORAN PRAKTIK


LAPORAN
PEMBELAJARAN TERPADU DI SD ( PDGK 4205 )
MASA UJIAN 2019.1







DISUSUN OLEH :

NAMA                           : MUHAMMAD AWALUDIN
NIM                               : 856690332
SEMESTER                 : I  (SATU)
POKJAR                       : SEKAYU
KABUPATEN MUSI BANYUASIN





Rounded Rectangle: PETA JARING-JARING TEMATIK
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 1 SEMESTER 2
TEMA : MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN
 





BAHASA INDONESIA
Lani dan Siti sedang bermain di elakan rumah Lani. Lani selalu merawat hewan dan tumbuhan di sekitar rumahnya
 
Hasil gambar untuk gambar telur dalam timbangan tema 6 kelas 2


 


Rounded Rectangle: SBDP
Lani menyanyikan lagu ayamku sambil memberi makan ayamnya


Rounded Rectangle: MATEMATIKA
Lani sedang menimbang telur ayam menggunakan timbangan 
Hasil gambar untuk lani menimbang telur ayam

SATUAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS II
TEMA 3 : MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN


MATA PELAJARAN
:
Ƙ  BAHASA INDONESIA
Ƙ  SBDP
Ƙ  MATEMATIKA
TEMA
:
MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS /SEMESTER
:
2 (DUA)/ 2 (DUA)
WAKTU
:
3 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)

A.    KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
BAHASA INDONESIA
3.7 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
SBDP
3.2    Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
MATEMATIKA
3.6  Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

B.     INDIKATOR
Mata Pelajaran
Indikator
BAHASA INDONESIA
3.7.1. Tulisan tegak bersambung dalam cerita  dengan memperhatikan penggunaan  huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
SBDP
3.2.1 Melakukan Karya  imajinatif dua dan tiga dimensi Dan Gerak keseharian dan alam dalam  tari
MATEMATIKA
3.6.1   Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

C.    MATERI POKOK
  1. Membaca teks tentang hewan di sekitark
  2. Menyanyikan lagu Ayamku
  3. Menimbang telur dan ayam
HEWAN DI SEKITARKU

Hasil gambar untuk gambar telur dalam timbangan tema 6 kelas 2

Lani dan Siti, sedang bermain di kebun belakang rumah Lani.
Di kebun belakang rumah Lani tumbuh berbagai
tanaman bunga. Bunga-bunga sedang bermekaran.
Tampak kupu-kupu terbang ke sana kemari.
Tidak jauh dari taman bunga, terdapat kandang ayam.
 Lani dan keluarganya memelihara ayam.
Di dekat kandang ayam, terdapat satu kandang kelinci.
Lani juga memelihara kelinci.

D.    METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  : Saintifik (membaca, berlati, bernyanyi dan mengamati )
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan     ceramah.
E.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti
Pengantar Tema
*      Guru mengenalkan judul subtema, yaitu Hewan di Sekitarku
*      Siswa  diminta untuk mengamati dan mencermati gambar yang disajikan di BukuSiswa
*      Siswa diminta membaca teks bersama dengan bimbingan guru.
*     Siswa menyebutkan jenis-jenis hewan yang ditemukan dalam gambar.
*      Guru bertanya-jawab dengan siswa mengenai hewan-hewan yang ada di sekitar lingkungan siswa.
*      Guru mengaitkan kegiatan ini dengan topik yang akan dibicarakan pada subtema 1.

Ayo Membaca
*      Siswa mendengarkan teks yang dibacakan oleh guru. Teks tersebut ditulis dalam huruf tegak bersambung.
*      Siswa menirukan guru membaca teks yang ditulis dengan huruf tegak bersambung.

Ayo Berlatih
*      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai teks bacaan pada Buku Siswa .Jawaban ditulis dengan menggunakan huruf tegak bersambung, memperhatikan penggunaan huruf capital pada awal kalimat.
*      Guru berkeliling kelas memberikan umpan balik atas jawaban siswa dan cara menuliskan huruf tegak bersambung.

Ayo Bernyanyi
*      Guru memperkenalkan lagu Ayam ku.
*      Guru member contoh cara menyanyikan lagu tersebut.
*      Guru memberikan penjelasan bahwa dalam menyanyi, ada teknik menyuarakan bunyi panjang dan pendek. Bunyi yang panjang ditandai dengan ____.Bunyi pendek ditandai dengan •.
*      Siswa mengikuti guru menyanyikan lagu Ayamku dan mengidentifikasi bunyi panjang dan pendek dalam lagu.
*      Siswa menandai bagian lagu dengan ____ jika bunyinya panjang.
*      Siswa menandai bagian lagu dengan • jika bunyinya pendek. Panjang dan pendek bunyi dijelaskan sebagai berikut. Setiap nada ¼ dalam sebuah birama, nilainya satu ketukan. Contoh: / 5 3 /Nada 5 bernilai satu ketukan. Nada 3 bernilai satu ketukan. Jika nada na 1/8, maka nilai nya menjadi ½ ketuk sehingga nada 1/8 lebih pendek dari pada nada ¼. Contoh: /5 3 4/ Nada 5 dan 3 nilainya ½ ketukan sehingga nada 5 dan nada 3 lebih pendek dari pada 4.Nada 5 dan 3 dinyanyikan ½ ketukan.

Ayo Mengamati
*      Siswa mengamati gambar alat-alat timbangan.
*      Guru dapat juga membawa alat peraga berupa alat timbangan yang sebenarnya. Misalnya, timbangan pasar dan timbangan kue.
*      Siswa mengamati satuan yang tertera pada alat timbangan.
*      Siswa menyebutkan berat benda yang ditimbang, baik pada gambar buku siswa maupun benda yang ditimbang.

Ayo Berlatih
*      Siswa berlatih menimbang berat benda. Alat yang dibutuhkan adalah timbangan, kantong plastik, tali pengikat atau karet. Bahan yang dibutuhkan adalah butir jagung, beras, atau telur.
*      Siswa menimbang benda-benda tersebut dalam berbagai ukuran. Minimal 5 ukuran berat, misalnya 1 kg, 500 gram, 3 ons, 100 gram, dan 2ons.
75 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.          Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.          Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

F.     MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
 Media/Alat         : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
 Bahan                 : -
 Sumber Belajar   :1.  Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Merawat Hewan dan Tumbuhan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
G.  PENILAIAN
1.              Prosedur Penilaian
Ƙ  Penilaian proses
Ƙ  Post Tes
2.              Jenis Tes
Ƙ  Tes tertulis
3.              Bentuk Tes
Ƙ  Isian singkat
4.                  Alat penilaian
Ƙ  LKS










SOAL

A.      BAHASA INDONESIA
1.        Siapa saja yang bermain di kebun belakang rumah Lani ?
2.        Hewan apa saja yang dipelihara Lani ?
3.        Dimanakah letak kandang ayam Lani ?
4.        Hewan apa yang terbang kesana kemari ?
5.        Keluarga siapa yang suka memelihara ayam dan kelinci ?

B.       SBDP
1.        Apa judul lagu yang dinyanyikan Lani ?
2.        Siapakah yang menciptakan lagu ayamku ?
3.        Lagu tersebut berirama ?
4.        Ada berapa baris lagu tersebut ?
5.        Dimana ayam berkeliaran ?

C.      MATEMATIKA
1.        100 Gram … Ons
2.        300 Gram … Ons
3.        500 Gram      Ons
4.        1000 Gram     Kg
5.        1 Kg … Ons


















KUNCI JAWABAN

A.      BAHASA INDONESIA
1.    Lani dan Siti
2.    Ayam dan kelinci
3.    Di belakang rumah
4.    Kupu-kupu
5.    Lani

B.       SBDP
1.    Ayamku
2.    A.T Mahmud
3.    Sedang
4.    4 baris
5.    Di belakang rumah

C.      MATEMATIKA
1.    1 Ons
2.    3 Ons
3.    5 Ons
4.    1 Kg
5.    10 Ons

Berdasarkan kebijakan guru
Pedoman  Penilaian 
NA =  € X 1, 2, 3 X 100  =
3
H.    SUMBER RUJUKAN
Ƙ  Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas II Tema 6 Merawat hewan dan tumbuhan
Ƙ  Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas II Tema 6 Merawat hewan dan tumbuhan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. ( Edisi Revisi 2017 ).
Mengetahui
Kepala Sekolah





SUSI ARIYANTI, S.Pd. I
NIP. 198108282007102006

Sekayu, 22 April 2019
Guru Tematik





MUHAMMAD AWALUDIN
BAHAN  PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 2 SEMESTER 1
TEMA : MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN

1.        BAHASA INDONESIA

Hasil gambar untuk gambar telur dalam timbangan tema 6 kelas 2

Hewan di Sekitarku
Lani dan Siti, sedang bermain di kebun belakang rumah Lani.
Di kebun belakang rumah Lani tumbuh berbagai tanaman bunga.
Bunga-bunga sedang bermekaran.
Tampak kupu-kupu terbang ke sana kemari.
Tidak jauh dari taman bunga, terdapat kandang ayam.
Lani dan keluarganya memelihara ayam.
Di dekat kandang ayam, terdapat satu kandang kelinci.
Lani juga memelihara kelinci.

Dengarkan teks berikut yang akan dibacakan oleh gurumu!

Lani dan Siti, sedang bermain di kebun belakang rumah Lani.
Di kebun belakang rumah Lani tumbuh berbagai tanaman bunga.
Bunga-bunga sedang bermekaran.
Tampak kupu-kupu terbang ke sana kemari.
Tidak jauh dari taman bunga, terdapat kandang ayam.
Lani dan keluarganya memelihara ayam.
Di dekat kandang ayam, terdapat satu kandang kelinci.
Lani juga memelihara kelinci.

2.        SBDP
Ayo nyanyikan lagu Ayamku
Gambar terkait

Lagu diatas dinyanyikan Lani sambil memberi ayam makan.


3.        MATEMATIKA

Hasil gambar untuk lani menimbang telur ayam
Berat 1 kilogram = 1.000 gram
Berat 1 kilogram = 10 Ons
Berat 1 Ons = 100 gram
Alat yang dibutuhkan adalah timbangan
Bahan-bahan yang ditimbang misalnya telur.

Gambar terkait

Gambar terkait
LEMBAR KERJA SISWA
MATA PELAJARAN TERPADU DI KELAS 2 SEMESTER 2
TEMA : MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN


TUGAS FORTOFOLIO KELOMPOK
NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
……………………………………….
………………………………………

BAHASA INDONESIA
1.        Siapa saja yang bermain di kebun belakang rumah Lani ?
2.        Hewan apa saja yang dipelihara Lani ?
3.        Dimanakah letak kandang ayam Lani ?
4.        Hewan apa yang terbang kesana kemari ?
5.        Keluarga siapa yang suka memelihara ayam dan kelinci ?

SBDP
1.        Apa judul lagu yang dinyanyikan Lani ?
2.        Siapakah yang menciptakan lagu ayamku ?
3.        Lagu tersebut berirama ?
4.        Ada berapa baris lagu tersebut ?
5.        Dimana ayam berkeliaran ?

MATEMATIKA
1.        100 Gram … Ons
2.        300 Gram … Ons
3.        500 Gram      Ons
4.        1000 Gram     Kg
5.        1 Kg … Ons








ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU

1.      NAMA MAHASISWA  
2.      NIM                                 
3.      TEMPAT MENGAJAR
4.      KELAS/SEMESTER
5.      MATA PELAJARAN


6.      TEMA                              
7.      WAKTU                          
8.      TANGGAL                          
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
MUHAMMAD AWALUDIN
856690332
MI. Al- Ashriyah Simpang Sari
II / 2
1.     BAHASA INDONESIA
2.     SBDP
MATEMATIKA
  MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN
07.30 S.D 09.15 WIB
  22 APRIL 2019

PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.
1.  Menentukan tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
A1A

A2A

A3A

A4A

A5A
1.1   Kesesuaian tema penghubung dengan  
   kompetensi dasar 3 mata pelajaran
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA
1.2  Menggunakan bahan pembelajaran  yang sesuai  dengan Standar Isi dan Kompetensi
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA
1.3  Merumuskan tujuan/indikator
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA









Rata-rata butir 1 = A

2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar

2.1  Mengembangkan dan mengorganisasikan   materi dari 3 mata pelajaran
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA
2.2  Menentukan dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA
2.3 Memilih sumber belajar
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA









Rata-rata butir 2 = B



3. Merencanakan skenario   kegiatan pembelajaran terpadu

3.1  Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA
3.2  Menyusun langkah-langkah  pembelajaran terpadu
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA
3.4  Menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA
3.5  Menentukan cara-cara memotivasi siswa
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA









Rata-rata butir 3 = C

4.    Merancang pengelolaan kelas

4.1  Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA
Rata-rata butir 4 = D

5.    Merencanakan prosedur, jenis dan  menyiapkan alat penilaian

5.1  Menentukan prosedur dan jenis   penilaian
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA









5.2  Membuat alat-alat penilaian dan kunci  jawaban
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA









Rata-rata butir 5 = E

6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran terpadu

6.1  Kebersihan dan kerapian
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA









6.2  Penggunaan bahasa tulis
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA









Rata-rata butir 6 = F

7. Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik

7.1 Kreatifitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik
ADA

ADA

ADA

ADA

ADA









Rata-rata butir 7 = G



Nilai APKG 1 = R

R =
A+B+C+D+E+F+G
= .....

7


R = Rata-rata Butir



Mengetahui
Kepala MI. Istiqomah Sekayu





SUSI ARIYANTI, S.Pd. I
NIP. 198108282007102006


Sekayu, 22 April 2019
Pengamat
Teman Sejawat,




WAHIDAH, S. Pd. I












ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
NAMA MAHASISWA        
NIM                           
ALAMAT SEKOLAH
KELAS/SEMESTER
TEMA
MATA PELAJARAN


TANGGAL               
KELOMPOK BELAJAR     
UPBJJ-UT                              
:
:
:
:
:
:
:
: :   
:
:
MUHAMMAD AWALUDIN
856690332
MI. AL-ASHRIYAH SIMPANG SARI
II / 2
MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN
BAHASA INDONESIA
2.     SBDP
  MATEMATIKA
22 APRIL 2019
SEKAYU
PALEMBANG

PETUNJUK :
1.        Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.        Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran  serta dampaknya pada diri siswa.
3.        Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4.        Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan  khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

1.     1.  Melakukan pembelajaran
1

2

3

4

5
 a.  Melaksanakan tugas rutin kelas
AD

AD

AD

AD

AD


   b.  Memulai kegiatan pembelajaran
AD

AD

AD

AD

AD


c.   Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
AD

AD

AD

AD

AD


d.  Melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal
AD

AD

AD

AD

AD


e.  Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi, dan lingkungan
AD

AD

AD

AD

AD


  f. Menggunakan media belajar yang  sesuai dengan indikator/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
AD

AD

AD

AD

AD


g. Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien
AD

AD

AD

AD

AD


h. Mengakhiri kegiatan pembelajaran
AD

AD

AD

AD

AD


Rata-rata butir 1 = P

2.   2. Mengelola interaksi kelas

a. Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa
AD

AD

AD

AD

AD


b. Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
AD

AD

AD

AD

AD


c. Melakukan komunikasi secara efektif
AD

AD

AD

AD

AD


Rata-rata butir 2 = Q

3.  Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)



  a.  Bahasa Indonesia

 1)  Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia
AD

AD

AD

AD

AD


 2)  Memberikan latihan keterampilan berbahasa
AD

AD

AD

AD

AD


 3)  Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
AD

AD

AD

AD

AD
Rata-rata butir 3a = R

b.   SBDP

1)   Mengembangkan pemahaman konsep  waktu
AD

AD

AD

AD

AD


2)   Mengembangkan pemahaman konsep ruang
AD

AD

AD

AD

AD


3)   Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)
AD

AD

AD

AD

AD
Rata-rata butir 3b = R

c.    Matematika

1)    Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan
AD

AD

AD

AD

AD


2)    Penguasaan materi Pendidikan  Kewarganegaraan
AD

AD

AD

AD

AD


3)    Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari
AD

AD

AD

AD

AD
Rata-rata butir 3c = R

4.   Melaksanakan penilaian proses dan  hasil belajar

a.   Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
AD

AD

AD

AD

AD


b.   Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran
AD

AD

AD

AD

AD
Rata-rata butir 4 = S

5.   Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

a.    Peka terhadap kemampuan  berbahasa
AD

AD

AD

AD

AD


b.    Penampilan guru dalam pembelajaran
AD

AD

AD

AD

AD


c.    Keefektifan pembelajaran terpadu
AD

AD

AD

AD

AD


Rata-rata butir 5 = T





Nilai APKG  =  K

R =
P+Q+R+S+T
= .....

5

R = Rata-rata Butir





Mengetahui
Kepala MI. Al-Ashriyah Simpang Sari




SUSI ARIYANTI, S.Pd. I
NIP. 198108282007102006



Sekayu, 22 April 2019
Pengamat
Teman Sejawat,




WAHIDAH, S. Pd.I


LEMBAR REFLEKSI
PELAKSANAAN PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU

Nama Mahasiswa                    : Muhammad Awaludin
NIM                                                    : 856690332
Nama Sekolah                         : MI. Al-Ashriyah Simpang Sari
Jumlah Siswa                          : 28 Orang


1.        Bagaimana cara saya memilih tema untuk pembelajaran terpadu?
Jawaban :
Memilih tema sesuai dengan media yang mudah di dapatkan dan mudah dibawa kesekolah.

2.        Apakah yang saya rasakan saat saya melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?
Jawaban :
Saya merasa senang karena siswa saya  lebih mudah memahami  materi yang saya sampaikan

3.        Masalah/kendala apa yang saya alami saat melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri ?
Jawaban :
Anak anak yang cepat bosan

4.        Bagaimana reaksi / kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktek pembelajaran dikelas?
Jawaban :
Senang

5.        Apakah komentar / saran teman sejawat / Kepala sekolah terhadap penampilan saya saat praktek melaksanakan pembelajaran terpadu ?
Jawaban :
Bagus











LEMBAR REFLEKSI GURU DAN LEMBAR KESAN SISWA UNTUK PEMBELAJARAN TERPADU


NAMA  SISWA :
KELAS                           : 2

1.        Apakah ananda/siswa lebih senang Bapak/Ibu guru mengajar dengan cara biasanya atau dengan cara saat Bapak/Ibu guru sedang praktek Pembelajaran Terpadu?
Jawaban :
Ya, saya lebih senang Ibu Guru mengajar praktek secara terpadu dari pada mengajar dengan cara biasanya.


2.        Apakah ananda/siswa merasa saat Bapak/Ibu guru sedang praktek terlihat bingung dari pada biasanya?
Jawaban :
Tidak, Saya tidak merasa Ibu Guru bingung dalam praktek pembelajaran terpadu.
                                  
3.        Ananda/siswa paling senang saat Bapak/Ibu guru melakukan apa saat praktek Pembelajaran Terpadu ini?
Jawaban :
Saya paling senang saat Ibu Guru menggunakan media pembelajaran dibandingkan hanya ceramah saja.















LEMBAR REFLEKSI
RPP

NAMA MAHASISWA         :  MUHAMMAD AWALUDIN
NIM                                        :  856690332
PROGRAM ST   UDI                        :  S1 PGSD
UPBJJ-UT                               :  PALEMBANG
POKJAR                                 :  SEKAYU

A.      Refleksi Komponen

1.        Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
Jawaban:
Ya, kegiatan membuka pelajaran dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Salah satunya adalah dengan menulis judul pelajaran yang akan dipelajari kemudian menjelaskannya kepada siswa.

2.        Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?)
Jawaban :
Tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan sudah sesuai dengan pelajaran yang mereka ikuti, karena sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran di Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah yang lebih sederhana serta mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh siswa.





3.        Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan?)
Jawaban :
Respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan sudah cukup menarik dengan materi yang akan disampaikan oleh guru, serta dapat mempermudah siswa dalam memahami dan menguasai materi yang diajarkan.
4.        Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan?
Jawaban :
Tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan cukup baik, mereka mulai memperhatikan pembelajaran dengan tertib dan cenderung lebih serius menyimak materi yang saya ajarkan

5.        Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik?
Jawaban :
Kebanyakan dari siswa mulai memahami penjelasan/instruksi yang saya berikan, faktor penting dalam penyampaian materi pembelajaran adalah penggunaan bahasa yang sesuai dan perlahan-lahan dan harus dilakukan secara berulang-ulang.

B.       Refleksi terhadap implementasi RPP

1.        Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana
mestinya? (Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik?)
Jawaban :
Rencana pelaksaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya jika tidak ada hambatan apapun dari kondisi kelas yang saya ajarkan. Proses pembelajaran akan terlaksa dengan baik apabila sesuai yang direncanakan karena sebagai faktor pendukung seperti keadaan siswa, kondisi kelas yang bersih dan kondusif dan lain-lain.

2.        Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran? Dalam hal apa saja? Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar?
Jawaban :
Kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran adalah masalah penggunaan waktu yang kurang memadai dan proses penilaian hasil belajar siswa yang terlalu banyak serta pendekatan dengan siswa yang kurang responsif terhadap materi pembelajaran.

3.      Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat dilaksanakan? Jika ada, apa yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran semula?
Jawaban :
Rencana pelaksaan pembelajaran yang tidak dapat dilaksanakan tentu saja ada. Sebagai manusia kita hanya bisa merencanakan, pada akhirnya Tuhanlah yang menentukan. Begitu juga dalam proses pembelajaran. Ketika teori sudah dipersiapkan dengan baik, keadaan di lingkungan kelas tidak mendukung terjadinya proses pembelajaran tersebut, tentu saja akan ada perubahan rencana. Langkah yang saya ambil adalah mempersiapkan diri serta mengulangi materi yang akan diajarkan tersebut pada pertemuan berikutnya.



















LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK PEMBELAJARAN TERPADU
1.      NAMA MAHASISWA            : MUHAMMAD AWALUDIN
2.      NIM                                          : 856690332
3.      TEMA/TOPIK                          : MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN
4.      KELAS/SMESTER                  : 2 / 2
Berilah tanda check (√) pada salah satu pilihan antara skala penilaian 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai hasil pengamatan tutor, dan isilah dengan berapa menit para mahasiswa menghabiskan waktu simulasi untuk masing-masing aspek perilaku yang ditampilkan. Apabila ada komentar khusus mengenai aspek yang diamati dapat diuraikan pada kotak komentar di bawahnya.

ASPEK YANG DI AMATI
SKALA PENILAIAN
WAKTU
TAMPILAN
1
2
3
4
5
1.      PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL


ü   

ü   

1.    Menarik perhatian/memotivasi






2.      Memberikan acuan






3.      Membuat kaitan

ü   




      Rata-rata KW: N1+N2+N3
                             3






2.      PENYAJIAN/KEGIATAN INTI






1.      Penjelasan
Konsep/data/fakta/prinsip dengan contoh/ilustrasi/demonstrasi






2.      Tanya jawab/pemberian penguatan






3.      Pemberian tugas/latihan secara   individual/kelompok/evaluasi proses






4.      Ada supervise saat siswa diberi tugas dan balikan






       Rata- rata K1 = N1+N2+N3+N4
                                              4






        C.  PENUTUP/KEGIATAN AKHIR






1.     Peninjauan kembali






2.    Evaluasi hasil belajar/pemberian tindak lanjut






       Rata-rata KK = N1+N2
                                        2






KOMENTAR TAMBAHAN UNTUK SETIAP ASPEK PERILAKU MAHASISWA
 YANG TEREKAM:
 



Sekayu, 22 April 2019
Pengamat,
Tutor
Catatan:
KW = Rata rata nilai kegiatan awal                                               
K1  =  Rata rata nilai kegiatan inti                                                                 
KK  =  Rata rata nilai kegiatan akhir                                                                
Nilai simulasi pembelajaran Terpadu/K                                                         SUSI ARIYANTI, S.Pd. I
K =  KW  + K1 + KK =                                                                                        NIP. 198108282007102006
                     3  









UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PALEMBANG
POKJAR SEKAYU
TAHUN 2019
KATA PENGANTAR


        Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga saya selaku mahasiswa S1 PGSD Guru Kelas, Kelompok Belajar Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu  ini sebagai suat rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD semester I (satu) masa ujian 2019.1.
       Laporan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD. Saya dengan segala kerendahan hati menyadari bahwa banyak sekali kekurangan yang terdapat di dalam penyusunan laporan ini. Maka dari itu saya mohon bimbingannya demi kebaikan saya di masa-masa yang akan datang.
Selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada :
1.        Ibu Meita Istianda, S.IP, M.Si Selaku Kepala UPBJJ-UT Palembang yang telah memberikan dukungan dan arahan dalam menyusun laporan Pembelajaran Terpadu di SD.
2.        Ibu Aminah, S. Pd selaku pengelola Program S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sekayu yang telah membantu saya secara administrasi.
3.        Bapak Zaidan Jauhari, S.Pd, MT, selaku tutor dan pembimbing praktik pembelajaran terpadu.
4.        Ibu Susi Ariyanti, S.Pd.I selaku Kepala MI. Al-Ashriyah Simpang Sari yang memberikan fasilitas dan sarana praktik pembelajaran terpadu di sekolah.
1.        Ibu Wahidah, S.Pd.I selaku teman sejawat yang selalu memberikan masukan dan penilaian pada pelaksanaan praktik di sekolah.
2.        Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
       Demikian sepatah kata dari saya sebagai pengantar pada laporan ini, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi teman-teman semua pada umumnya selaku mahasiswa serta dapat menjadi sumbangsih untuk memajukan pendidikan di tempat kerja masing-masing.


Sekayu, 13 April 2019
Mahasiswa



MUHAMMAD AWALUDIN
NIM. 856690332







ii
DAFTAR ISI

Halaman
1.       HALAMAN JUDUL ………………………………………………………………….      i
2.       KATA PENGANTAR …………………………………………………………………                ii
3.       DAFTAR ISI …………………………………………………………………………..   iii
4.       TEMA 1 : HIDUP RUKUN DI TEMPAT WISATA
A.    Peta Jaring-Jaring Tematik …………………………………………………………    1
B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu  ………………………………….....      2
C.     Bahan Ajar …………………………………………………………………………     8
D.    Lembar Kerja Siswa ………………………………………………………………..  10
E.     APKG 1 ……………………………………………………………………………   11
F.      APKG 2 ……………………………………………………………………………   13
G. Lembar Refleksi …………………………………………………………………….   16
5.       TEMA 6 : TUGASKU SEHARI-HARI
A.    Peta Jaring-Jaring Tematik …………………………………………………………  24
B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu  ………………………………….....    25
C.     Bahan Ajar …………………………………………………………………………   32
D.    Lembar Kerja Siswa ………………………………………………………………..  35
E.     APKG 1 ……………………………………………………………………………   36
F.      APKG 2 ……………………………………………………………………………   38
G. Lembar Refleksi …………………………………………………………………….   41
6.   PENUTUP
7.   DAFTAR PUSTAKA
8.   LAMPIRAN










iii

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH

MAKALAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MODUL 3 KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH DISUSUN O L E H KELOMPOK 3 (TIGA) 1.        ILHAM                                        ( 85669 0253 ) 2.        LINDA NINGSIH                         ( 85669 0318 ) 3.        MUHAMMAD AWALUDIN      ( 85669 0332 ) 4.        NANIK PURWASIH                     ( 85669 0396 ) TUTOR:  ZAIDAN JAUH...
MAKALAH PEMBELAJARAN TERPADU DI SD PROSEDUR UMUM PEMBELAJARAN TERPADU DISUSUN OLEH :     1 .       NETRI YUNICA               (856690626) 2.       NETA SARI                        (856690411) 3.       HAIRUDDIN                       (856690214) 4.       M. AWALUDIN                   (856690332) DOSEN   PEMBIMBING ZAIDAN JAUHARI, S.Pd.MT UNIVERSITAS TERBUKA (UT) UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PALEMBANG POKJAR SEKAYU TAHUN 2019 .1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI…………………………………………………………………………… BAB I: Pendahul...

TUGAS MANDIRI MAKALAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MODUL 3 KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH

TUGAS MANDIRI MAKALAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MODUL 3 KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH KB 2 PERKEMBANGAN SOSIAL, MORAL DAN SIKAP DISUSUN OLEH: NAMA                                               : MUHAMMAD AWALUDIN    NIM                                                   : 85669 0332 TUTOR PEMBIMBING                  : ZAIDAN JAUHARI, S.Pd, MT PROGRAM STUDI ...