LAPORAN
PEMBELAJARAN TERPADU
DI SD ( PDGK 4205 )
MASA
UJIAN 2019.1
DISUSUN OLEH :
NAMA
: MUHAMMAD AWALUDIN
NIM
: 856690332
SEMESTER
: I (SATU)
POKJAR
: SEKAYU
KABUPATEN MUSI BANYUASIN
|

![]() |







SATUAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS II
TEMA 3 : MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN
MATA PELAJARAN
|
:
|
Ć BAHASA INDONESIA
Ć SBDP
Ć MATEMATIKA
|
TEMA
|
:
|
MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN
|
KELAS /SEMESTER
|
:
|
2 (DUA)/ 2 (DUA)
|
WAKTU
|
:
|
3 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)
|
A.
KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
BAHASA INDONESIA
|
3.7
Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan
penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang)
serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat
tanya.
|
SBDP
|
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui
lagu anak-anak.
|
MATEMATIKA
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang
(termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari.
|
B.
INDIKATOR
Mata Pelajaran
|
Indikator
|
BAHASA INDONESIA
|
3.7.1. Tulisan tegak bersambung dalam
cerita dengan memperhatikan
penggunaan huruf kapital (awal
kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada
kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
|
SBDP
|
3.2.1 Melakukan Karya imajinatif dua dan tiga dimensi Dan Gerak
keseharian dan alam dalam tari
|
MATEMATIKA
|
3.6.1 Melakukan pengukuran panjang (termasuk
jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari.
|
C.
MATERI POKOK
- Membaca teks tentang hewan di sekitark
- Menyanyikan lagu Ayamku
- Menimbang telur dan ayam
HEWAN DI SEKITARKU

Lani
dan Siti, sedang bermain di kebun belakang rumah Lani.
Di
kebun belakang rumah Lani tumbuh berbagai
tanaman
bunga. Bunga-bunga sedang bermekaran.
Tampak
kupu-kupu terbang ke sana kemari.
Tidak
jauh dari taman bunga, terdapat kandang ayam.
Lani dan keluarganya memelihara ayam.
Di
dekat kandang ayam, terdapat satu kandang kelinci.
Lani
juga memelihara kelinci.
D.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
Pembelajaran :
Saintifik (membaca, berlati, bernyanyi dan mengamati )
Metode
Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab,
penugasan, dan ceramah.
E. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang
tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah
setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Pengantar Tema
yang ditemukan dalam
gambar.
Ayo Membaca
Ayo Berlatih
Ayo Bernyanyi
![]()
Ayo Mengamati
Ayo Berlatih
|
75 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan
kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan
pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu
menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa menyimak cerita motivasi tentang
pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa melakukan operasi semut untuk
menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa.
|
15
menit
|
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2.
Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3.
Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan :
-
Sumber Belajar :1.
Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Merawat Hewan dan Tumbuhan,
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
G. PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
Ć Penilaian proses
Ć Post Tes
2.
Jenis Tes
Ć Tes tertulis
3.
Bentuk Tes
Ć Isian singkat
4.
Alat
penilaian
Ć LKS
SOAL
A. BAHASA INDONESIA
1.
Siapa saja yang bermain di kebun belakang rumah Lani ?
2.
Hewan apa saja yang dipelihara Lani ?
3.
Dimanakah letak kandang ayam Lani ?
4.
Hewan apa yang terbang kesana kemari ?
5.
Keluarga siapa yang suka memelihara ayam dan kelinci ?
B. SBDP
1.
Apa judul lagu yang dinyanyikan Lani ?
2.
Siapakah yang menciptakan lagu ayamku ?
3.
Lagu tersebut berirama ?
4.
Ada berapa baris lagu tersebut ?
5.
Dimana ayam berkeliaran ?
C. MATEMATIKA
1.
100 Gram … Ons
2.
300 Gram … Ons
3.
500 Gram … Ons
4.
1000 Gram … Kg
5.
1 Kg … Ons
KUNCI JAWABAN
A. BAHASA INDONESIA
1.
Lani dan Siti
2.
Ayam dan kelinci
3.
Di belakang rumah
4.
Kupu-kupu
5.
Lani
B. SBDP
1.
Ayamku
2.
A.T Mahmud
3.
Sedang
4.
4 baris
5.
Di belakang rumah
C. MATEMATIKA
1.
1 Ons
2.
3 Ons
3.
5 Ons
4.
1 Kg
5.
10 Ons
Berdasarkan kebijakan guru
Pedoman Penilaian
3
H.
SUMBER
RUJUKAN
Ć
Buku
Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas II Tema 6 Merawat hewan dan tumbuhan
Ć
Buku Guru
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas II Tema 6 Merawat hewan dan tumbuhan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. ( Edisi Revisi 2017 ).
Mengetahui
Kepala Sekolah
SUSI ARIYANTI, S.Pd. I
NIP.
198108282007102006
|
Sekayu, 22 April 2019
Guru Tematik
MUHAMMAD AWALUDIN
|
BAHAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN
TERPADU KELAS 2 SEMESTER 1
TEMA : MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN
1.
BAHASA INDONESIA

Hewan
di Sekitarku
Lani dan Siti, sedang bermain di kebun
belakang rumah Lani.
Di kebun belakang rumah Lani tumbuh
berbagai tanaman bunga.
Bunga-bunga sedang bermekaran.
Tampak kupu-kupu terbang ke sana kemari.
Tidak jauh dari taman bunga, terdapat
kandang ayam.
Lani dan keluarganya memelihara ayam.
Di dekat kandang ayam, terdapat satu
kandang kelinci.
Lani juga memelihara kelinci.
Dengarkan teks berikut yang akan dibacakan oleh gurumu!
Lani dan Siti, sedang bermain di kebun belakang
rumah Lani.
Di kebun belakang rumah Lani tumbuh berbagai
tanaman bunga.
Bunga-bunga sedang bermekaran.
Tampak kupu-kupu terbang ke sana kemari.
Tidak jauh dari taman bunga, terdapat kandang
ayam.
Lani dan keluarganya memelihara ayam.
Di dekat kandang ayam, terdapat satu kandang
kelinci.
Lani juga memelihara kelinci.
2.
SBDP
Ayo nyanyikan lagu Ayamku


Lagu diatas
dinyanyikan Lani sambil memberi ayam makan.
3.
MATEMATIKA

Berat 1 kilogram = 1.000 gram
Berat 1 kilogram = 10 Ons
Berat 1 Ons = 100 gram
Alat yang dibutuhkan adalah timbangan
Bahan-bahan yang ditimbang misalnya telur.


LEMBAR KERJA SISWA
MATA PELAJARAN TERPADU DI KELAS 2 SEMESTER 2
TEMA : MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN
TUGAS FORTOFOLIO KELOMPOK
NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
……………………………………….
………………………………………
BAHASA INDONESIA
1.
Siapa saja yang bermain di kebun
belakang rumah Lani ?
2.
Hewan apa saja yang dipelihara Lani ?
3.
Dimanakah letak kandang ayam Lani ?
4.
Hewan apa yang terbang kesana kemari ?
5.
Keluarga siapa yang suka memelihara ayam
dan kelinci ?
SBDP
1.
Apa judul lagu yang dinyanyikan Lani ?
2.
Siapakah yang menciptakan lagu ayamku ?
3.
Lagu tersebut berirama ?
4.
Ada berapa baris lagu tersebut ?
5.
Dimana ayam berkeliaran ?
MATEMATIKA
1.
100 Gram … Ons
2.
300 Gram … Ons
3.
500 Gram
… Ons
4.
1000 Gram … Kg
5.
1 Kg … Ons
ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
1. NAMA MAHASISWA
2. NIM
3. TEMPAT MENGAJAR
4. KELAS/SEMESTER
5. MATA PELAJARAN
6. TEMA
7. WAKTU
8. TANGGAL
|
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
|
MUHAMMAD
AWALUDIN
856690332
MI. Al-
Ashriyah Simpang Sari
II / 2
1. BAHASA INDONESIA
2. SBDP
MATEMATIKA
MERAWAT
HEWAN DAN TUMBUHAN
07.30 S.D 09.15 WIB
22 APRIL 2019
|
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana
pembelajaran terpadu yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah
semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir
penilaian dibawah ini.
1. Menentukan tema, bahan
pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
|
|
||||||||||||||||||
1.1 Kesesuaian tema penghubung
dengan
kompetensi dasar 3 mata pelajaran
|
|
||||||||||||||||||
1.2 Menggunakan
bahan pembelajaran yang sesuai dengan Standar Isi dan Kompetensi
|
|
||||||||||||||||||
1.3 Merumuskan
tujuan/indikator
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
2. Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
|
|||||||||||||||||||
2.1 Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi dari 3
mata pelajaran
|
|
||||||||||||||||||
2.2 Menentukan dan
mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran
|
|
||||||||||||||||||
2.3 Memilih sumber
belajar
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||||||
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.2 Menyusun langkah-langkah
pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.4 Menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.5 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
4. Merancang pengelolaan kelas
|
|||||||||||||||||||
4.1 Menentukan cara-cara
pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
5.
Merencanakan prosedur, jenis dan
menyiapkan alat penilaian
|
|||||||||||||||||||
5.1 Menentukan prosedur dan jenis
penilaian
|
|
||||||||||||||||||
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci
jawaban
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
6. Tampilan dokumen
rencana pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||||||
6.1 Kebersihan dan
kerapian
|
|
||||||||||||||||||
6.2 Penggunaan
bahasa tulis
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
7. Tampilan
Lembar Peta Jaring-jaring Tematik
|
|||||||||||||||||||
7.1 Kreatifitas tampilan Peta
Jaring-jaring Tematik
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
Nilai APKG 1
= R
R = Rata-rata
Butir
|
||||||||||||
Mengetahui
Kepala MI. Istiqomah Sekayu
SUSI ARIYANTI, S.Pd. I
NIP.
198108282007102006
|
Sekayu, 22 April 2019
Pengamat
Teman Sejawat,
WAHIDAH, S. Pd. I
|
|||||||||||
ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
NAMA MAHASISWA
NIM
ALAMAT SEKOLAH
KELAS/SEMESTER
TEMA
MATA PELAJARAN
TANGGAL
KELOMPOK BELAJAR
UPBJJ-UT
|
:
:
:
:
:
:
:
: :
:
:
|
MUHAMMAD
AWALUDIN
856690332
MI.
AL-ASHRIYAH SIMPANG SARI
II / 2
MERAWAT
HEWAN DAN TUMBUHAN
BAHASA INDONESIA
2. SBDP
MATEMATIKA
22 APRIL 2019
SEKAYU
PALEMBANG
|
PETUNJUK :
1.
Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.
Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.
Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian
di bawah ini.
4.
Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata
pelajaran yang sedang diajarkan.
1. 1. Melakukan
pembelajaran
|
|
||||||||||
a. Melaksanakan tugas rutin kelas
|
|
||||||||||
b.
Memulai kegiatan pembelajaran
|
|
||||||||||
c. Menggunakan ragam kegiatan yang
sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
|
|
||||||||||
d. Melaksanakan kegiatan dalam
pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal
|
|
||||||||||
e. Menggunakan sumber belajar yang sesuai
dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi, dan lingkungan
|
|
||||||||||
f. Menggunakan media belajar yang
sesuai dengan indikator/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
|
|
||||||||||
g. Menggunakan waktu pembelajaran secara
efisien
|
|
||||||||||
h. Mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
2. 2. Mengelola interaksi kelas
|
|||||||||||
a. Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat
terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa
|
|
||||||||||
b. Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
|
|
||||||||||
c. Melakukan komunikasi secara efektif
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
3. Mendemonstrasikan kemampuan khusus
dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu secara bersamaan
(isi yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)
|
|||||||||||
a. Bahasa Indonesia
|
|||||||||||
1) Mendemonstrasikan penguasaan
materi bahasa Indonesia
|
|
||||||||||
2) Memberikan latihan
keterampilan berbahasa
|
|
||||||||||
3) Mengembangkan kemampuan siswa
untuk berkomunikasi dan bernalar
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
b. SBDP
|
|||||||||||
1) Mengembangkan pemahaman
konsep waktu
|
|
||||||||||
2) Mengembangkan pemahaman konsep
ruang
|
|
||||||||||
3) Mengembangkan pemahaman konsep
kelangkaan (scarcity)
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
c. Matematika
|
|||||||||||
1) Ketepatan menggunakan
istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
||||||||||
2) Penguasaan materi
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
||||||||||
3) Menerapkan konsep
Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
4. Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar
|
|||||||||||
a. Melaksanakan penilaian selama
proses pembelajaran
|
|
||||||||||
b. Melaksanakan penilaian hasil
belajar pada akhir pembelajaran
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
5. Kesan umum pelaksanaan
pembelajaran
|
|||||||||||
a. Peka terhadap
kemampuan berbahasa
|
|
||||||||||
b. Penampilan guru dalam
pembelajaran
|
|
||||||||||
c. Keefektifan pembelajaran
terpadu
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
Nilai APKG 2 = K
R = Rata-rata Butir
|
Mengetahui
Kepala MI. Al-Ashriyah Simpang Sari
SUSI ARIYANTI, S.Pd. I
NIP.
198108282007102006
|
Sekayu, 22 April 2019
Pengamat
Teman Sejawat,
WAHIDAH, S. Pd.I
|
LEMBAR REFLEKSI
PELAKSANAAN PRAKTEK
PEMBELAJARAN TERPADU
Nama
Mahasiswa : Muhammad Awaludin
NIM
: 856690332
Nama
Sekolah
: MI. Al-Ashriyah
Simpang Sari
Jumlah
Siswa
: 28 Orang
1.
Bagaimana cara saya memilih tema untuk pembelajaran terpadu?
Jawaban :
Memilih tema sesuai dengan media yang mudah di dapatkan dan mudah dibawa
kesekolah.
2.
Apakah yang saya rasakan saat saya melakukan praktek pembelajaran terpadu
di kelas saya sendiri?
Jawaban :
Saya merasa senang karena siswa saya lebih mudah memahami materi yang saya sampaikan
3.
Masalah/kendala apa yang saya alami saat melakukan praktek pembelajaran
terpadu di kelas saya sendiri ?
Jawaban :
Anak anak yang cepat bosan
4.
Bagaimana reaksi / kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktek
pembelajaran dikelas?
Jawaban :
Senang
5.
Apakah komentar / saran teman sejawat / Kepala sekolah terhadap penampilan
saya saat praktek melaksanakan pembelajaran terpadu ?
Jawaban :
Bagus
LEMBAR REFLEKSI GURU DAN LEMBAR KESAN SISWA UNTUK
PEMBELAJARAN TERPADU
NAMA SISWA
:
KELAS
: 2
1.
Apakah
ananda/siswa lebih senang Bapak/Ibu guru mengajar dengan cara biasanya atau
dengan cara saat Bapak/Ibu guru sedang praktek Pembelajaran Terpadu?
Jawaban :
Ya, saya lebih senang Ibu
Guru mengajar praktek secara terpadu dari pada mengajar dengan cara biasanya.
2.
Apakah
ananda/siswa merasa saat Bapak/Ibu guru sedang praktek terlihat bingung dari
pada biasanya?
Jawaban :
Tidak, Saya tidak merasa Ibu
Guru bingung dalam praktek pembelajaran terpadu.
3.
Ananda/siswa
paling senang saat Bapak/Ibu guru melakukan apa saat praktek Pembelajaran
Terpadu ini?
Jawaban :
Saya paling senang saat Ibu
Guru menggunakan media pembelajaran dibandingkan hanya ceramah saja.
LEMBAR REFLEKSI
RPP
NAMA
MAHASISWA : MUHAMMAD AWALUDIN
NIM : 856690332
PROGRAM
ST UDI : S1 PGSD
UPBJJ-UT : PALEMBANG
POKJAR : SEKAYU
A. Refleksi Komponen
1.
Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya
lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan
baik?
Jawaban:
Ya,
kegiatan membuka pelajaran dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa untuk
mengikuti pelajaran dengan baik. Salah satunya adalah dengan menulis judul
pelajaran yang akan dipelajari kemudian menjelaskannya kepada siswa.
2.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan
ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? (Apakah materi terlalu
tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?)
Jawaban
:
Tanggapan
siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan sudah sesuai dengan
pelajaran yang mereka ikuti, karena sesuai dengan karakteristik materi
pembelajaran di Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah yang lebih sederhana
serta mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh siswa.
3.
Bagaimana respons siswa terhadap media
pembelajaran yang digunakan? (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa
menguasai kompetensi/materi yang diajarkan?)
Jawaban
:
Respon siswa terhadap media pembelajaran
yang digunakan sudah cukup menarik dengan materi yang akan disampaikan oleh
guru, serta dapat mempermudah siswa dalam memahami dan menguasai materi yang
diajarkan.
4.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap
metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan?
Jawaban
:
Tanggapan siswa terhadap
metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan cukup baik, mereka mulai
memperhatikan pembelajaran dengan tertib dan cenderung lebih serius menyimak
materi yang saya ajarkan
5.
Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/instruksi
yang saya berikan dengan baik?
Jawaban :
Kebanyakan
dari siswa mulai memahami penjelasan/instruksi yang saya berikan, faktor
penting dalam penyampaian materi pembelajaran adalah penggunaan bahasa yang
sesuai dan perlahan-lahan dan harus dilakukan secara berulang-ulang.
B. Refleksi terhadap implementasi RPP
1.
Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang
saya susun dapat berjalan sebagaimana
mestinya?
(Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana
pembelajaran dengan baik?)
Jawaban :
Rencana
pelaksaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya jika
tidak ada hambatan apapun dari kondisi kelas yang saya ajarkan. Proses
pembelajaran akan terlaksa dengan baik apabila sesuai yang direncanakan karena
sebagai faktor pendukung seperti keadaan siswa, kondisi kelas yang bersih dan
kondusif dan lain-lain.
2.
Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun
dan melakukan pembelajaran? Dalam hal apa saja? Apakah dalam hal penguasaan
materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan
teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan
pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar?
Jawaban
:
Kelemahan-kelemahan saya
dalam menyusun dan melakukan pembelajaran adalah masalah penggunaan waktu yang
kurang memadai dan proses penilaian hasil belajar siswa yang terlalu banyak
serta pendekatan dengan siswa yang kurang responsif terhadap materi
pembelajaran.
3. Apakah
ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat dilaksanakan? Jika ada,
apa yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran
semula?
Jawaban
:
Rencana pelaksaan pembelajaran yang tidak dapat
dilaksanakan tentu saja ada. Sebagai manusia kita hanya bisa merencanakan, pada
akhirnya Tuhanlah yang menentukan. Begitu juga dalam proses pembelajaran.
Ketika teori sudah dipersiapkan dengan baik, keadaan di lingkungan kelas tidak
mendukung terjadinya proses pembelajaran tersebut, tentu saja akan ada
perubahan rencana. Langkah yang saya ambil adalah mempersiapkan diri serta
mengulangi materi yang akan diajarkan tersebut pada pertemuan berikutnya.
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK
PEMBELAJARAN TERPADU
1. NAMA
MAHASISWA : MUHAMMAD AWALUDIN
2. NIM : 856690332
3. TEMA/TOPIK : MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN
4. KELAS/SMESTER : 2 / 2
Berilah
tanda check (√) pada salah satu pilihan antara skala penilaian 1, 2, 3, 4, atau
5 sesuai hasil pengamatan tutor, dan isilah dengan berapa menit para mahasiswa
menghabiskan waktu simulasi untuk masing-masing aspek perilaku yang
ditampilkan. Apabila ada komentar khusus mengenai aspek yang diamati dapat
diuraikan pada kotak komentar di bawahnya.
ASPEK YANG DI AMATI
|
SKALA PENILAIAN
|
WAKTU
TAMPILAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL
|
ü
|
ü
|
||||
1.
Menarik perhatian/memotivasi
|
||||||
2.
Memberikan acuan
|
||||||
3.
Membuat kaitan
|
ü
|
|||||
Rata-rata KW: N1+N2+N3
3
|
||||||
2.
PENYAJIAN/KEGIATAN INTI
|
||||||
1.
Penjelasan
Konsep/data/fakta/prinsip dengan
contoh/ilustrasi/demonstrasi
|
||||||
2.
Tanya jawab/pemberian penguatan
|
||||||
3.
Pemberian tugas/latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses
|
||||||
4.
Ada supervise saat siswa diberi tugas dan balikan
|
||||||
Rata- rata K1 = N1+N2+N3+N4
4
|
||||||
C.
PENUTUP/KEGIATAN AKHIR
|
||||||
1.
Peninjauan kembali
|
||||||
2.
Evaluasi hasil belajar/pemberian tindak lanjut
|
||||||
Rata-rata KK = N1+N2
2
|
||||||
|
Sekayu, 22 April 2019
Pengamat,
Tutor
Catatan:
KW
= Rata rata nilai kegiatan awal
K1 = Rata
rata nilai kegiatan inti
KK = Rata
rata nilai kegiatan akhir
Nilai
simulasi pembelajaran Terpadu/K SUSI ARIYANTI, S.Pd. I
K
= KW
+ K1 + KK = NIP. 198108282007102006
3
UNIVERSITAS
TERBUKA (UT)
UNIT
PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PALEMBANG
POKJAR
SEKAYU
TAHUN
2019
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
taufik-Nya sehingga saya selaku mahasiswa S1 PGSD Guru Kelas, Kelompok Belajar Sekayu,
Kabupaten Musi Banyuasin, dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu
ini sebagai suat rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD semester
I (satu) masa ujian 2019.1.
Laporan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mata kuliah Pembelajaran
Terpadu di SD. Saya dengan segala kerendahan hati menyadari bahwa banyak sekali
kekurangan yang terdapat di dalam penyusunan laporan ini. Maka dari itu saya
mohon bimbingannya demi kebaikan saya di masa-masa yang akan datang.
Selain itu saya
juga mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Ibu Meita Istianda, S.IP, M.Si Selaku
Kepala UPBJJ-UT Palembang yang telah memberikan dukungan dan arahan dalam
menyusun laporan Pembelajaran Terpadu di SD.
2.
Ibu
Aminah, S. Pd selaku pengelola Program S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) Pokjar
Sekayu yang telah membantu saya secara administrasi.
3.
Bapak
Zaidan Jauhari, S.Pd, MT, selaku tutor dan pembimbing praktik pembelajaran
terpadu.
4.
Ibu Susi Ariyanti, S.Pd.I selaku Kepala MI. Al-Ashriyah
Simpang Sari yang memberikan
fasilitas dan sarana praktik pembelajaran terpadu di sekolah.
1.
Ibu Wahidah, S.Pd.I selaku teman sejawat yang selalu memberikan masukan
dan penilaian pada pelaksanaan praktik di sekolah.
2.
Semua pihak yang
tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
Demikian sepatah kata dari saya sebagai pengantar pada laporan ini, semoga
laporan ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi
teman-teman semua pada umumnya selaku mahasiswa serta dapat menjadi sumbangsih
untuk memajukan pendidikan di tempat kerja masing-masing.
Sekayu, 13 April 2019
Mahasiswa
MUHAMMAD AWALUDIN
NIM. 856690332
ii
DAFTAR ISI
Halaman
1.
HALAMAN
JUDUL …………………………………………………………………. i
2.
KATA
PENGANTAR ………………………………………………………………… ii
3.
DAFTAR
ISI …………………………………………………………………………..
iii
4.
TEMA
1 : HIDUP RUKUN DI TEMPAT WISATA
A. Peta Jaring-Jaring Tematik ………………………………………………………… 1
B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu …………………………………..... 2
C. Bahan Ajar ………………………………………………………………………… 8
D. Lembar Kerja Siswa ……………………………………………………………….. 10
E. APKG 1 …………………………………………………………………………… 11
F. APKG 2 …………………………………………………………………………… 13
G. Lembar Refleksi
……………………………………………………………………. 16
5.
TEMA
6 : TUGASKU SEHARI-HARI
A. Peta Jaring-Jaring Tematik ………………………………………………………… 24
B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu …………………………………..... 25
C. Bahan Ajar ………………………………………………………………………… 32
D. Lembar Kerja Siswa ……………………………………………………………….. 35
E. APKG 1 …………………………………………………………………………… 36
F. APKG 2 …………………………………………………………………………… 38
G. Lembar Refleksi
……………………………………………………………………. 41
6. PENUTUP
7. DAFTAR
PUSTAKA
8. LAMPIRAN
iii




Komentar
Posting Komentar